Let’s go to Japan (Dewicipitz’s journey part.1)

It’s been my dream to someday traveling around the world and especially Japan since almost end of year 2014. Ya, apalagi sejak tahun 2015 dicanangkan klo mau kesana sudah bebas visa (sayang sekali persyaratan nya hanya berlaku untuk paspor elektronik saja). So, di part ini saya juga ingin sedikit berbagi mengenai proses nya hingga tiba saat perjalanan nanti 😀 let’s just get started.

Di bulan Februari 2015, iseng-iseng browsing lalu saya menemukan klo ada promo tiket CX ke Jepang dari SUB dengan harga USD 600 kurang sedikit. Wow, begitu tau berita ini saya langsung mengontak sohib saya Eka yang ternyata juga excited untuk melihat Jepang, yang terkenal sebagai negara maju dengan teknologi nya yang super canggih lengkap dengan anime Doraemon nya, secara langsung. Tanpa ba bi bu lagi kita langsung booking itu tiket dan segera mengurus visa nya (karena tiket promo ga bisa refund, klo ternyata visa ketolak). Selain CX, bisa juga mencari promo SQ, Garuda (6 bulan sebelumnya) dan Thai Airways (via DPS) untuk full board atau Air Asia untuk budget airlines.

Mengurus visa Jepang tidak sesulit dan seseram apa yang saya bayangkan. Apalagi sejak aktif diberlakukan bebas visa per 1 Desember 2014, Jepang menargetkan mampu menjaring 20 juta wisatawan ke Jepang (sumber: Konjen Jepang). Saya juga mengucapkan banyak terima kasih pada mr. Christian, teman saya yang bekerja di bank DXX yang juga banyak memberikan info-info seputar Jepang dan membantu memberikan surat rekomendasi yang juga menjadi salah satu persyaratan agar visa saya bisa keluar dengan mulus. Sejauh melengkapi persyaratan-persyaratan yang ada (http://www.surabaya.id.emb-japan.go.jp/informasi/index.html), jangan kuatir visa akan selesai dengan proses sekitar 3-4 hari kerja dengan biaya Rp 330.000,- dan semuanya bisa dilakukan sendiri lho jika ingin berhemat hehehe..

Setelah urusan tiket dan visa beres, barulah kita cari info mengenai tujuan mana saja yang akan dikunjungi selama di Jepang nantinya. Kebetulan plan yang kita buat adalah 28 April – 6 Mei, sambil berharap masih banyak sakura disana 😀 Sempet ada keraguan juga, sebenarnya bisa nggak sih travelling ke Jepang tanpa tour. Setelah baca buku dan browsing-browsing, akhirnya kami memantapkan hati untuk nekad jalan sendiri disana, klo yang lain survive kita pun juga pasti bisa hahahaha. Semangattt!!

Jepang adalah negara yang sangat besar juga dan banyak pulaunya. Jadi agak impossible juga klo dalam waktu 9 hari bisa puas keliling seluruh Jepang. Akhirnya karena ini first trip, we decided to go to the 3 big cities there: Tokyo, Osaka dan Kyoto. Tokyo, ibukota Jepang dengan segala aktivitas hiruk pikuk nya kota metropolitan kurang lebih hampir sama dengan Osaka, hanya saja sedikit lebih santai. Jika ingin wisata kuliner dan shopping disini ada Dotonbori food market & shopping street :D. Kyoto, juga wajib dikunjungi karena disini masih lebih terasa kental nuansa budaya lama Jepang nya, banyak kuil dan shrine (continued in the next session).

Sebenarnya klo mau wisata belanja di Jepang juga tidak semahal yang dibayangkan, bahkan beberapa barang relatif terjangkau juga harga nya. Mungkin yang agak mahal adalah budget untuk transportasi selama di Jepang. Jika ingin berhemat, jangan sekali-sekali naik taxi ya disini. Karena untuk jarak dekat pun relatif mahal, bisa-bisa uang saku langsung habis wkwkw. Jadi, saya memilih naik kereta saja kemanapun selama di Jepang. Ternyata kereta di Jepang pun bermacam-macam, dan lumayan pusing juga mempelajari nya :s gimana tidak banyak tumpukan garis warna-warni bertabrakan sana-sini (untungnya ga cuma saya saja yang struggle, pernah membaca blog dan deskripsinya membuat ngakak juga hahahaha).

Simpelnya untuk transportasi dalam kota, di Tokyo khususnya bisa menggunakan Tokyo Metro, Toei Subway dan JR Yamanote Line (Beberapa stasiun penting yang dilewati antara lain: Shinagawa, Tokyo Station yang merupakan stasiun utama dimana juga dilewati oleh Shinkansen, Akihabara, Ueno, Ikebukuro, Shinjuku, Harajuku, Shibuya > pastilah sudah tidak asing dengan nama stasiun yang saya sebutkan di belakang-belakang ini :D). Untuk berkeliling kota Osaka paling tepat menggunakan subway dan JR. (Sedikit catatan: stasiun untuk subway dan JR tidak selalu berlokasi di tempat yang sama, kadang bisa di seberang jalan tapi masih dalam lokasi yang tidak terlalu jauh). Sedangkan di Kyoto, Bus merupakan transportasi utama karena dapat menjangkau seluruh daerah wisata dengan harga murah. Anda bisa membeli City Bus All-Day Pass, yaitu tiket bus unlimited yang berlaku untuk satu hari, seharga 500 yen. Untuk Transportasi Antarkota bisa menggunakan Shinkansen, Limited Express train atau overnight bus (Willer Express).

 

kyoto bus-ticket

Karena tiket pesawat yang sudah dibeli adalah SUB-Tokyo-SUB, maka saya memutuskan membeli JR Pass mengingat ongkos naik Shinkansen Tokyo-Osaka pulang pergi tidak beda jauh dengan harga JR Pass. Sebenarnya, bisa di routing juga misal sampainya di Tokyo kembali nya dari Osaka dan sebaliknya jadi ga usah beli JR Pass. Tapi keuntungannya adalah praktis karena tidak perlu lagi ribet membeli tiket di mesin (ada jalur khusus dan cukup tinggal menunjukkan kartu JR Pass tersebut) dan bisa naik JR dan Shinkansen sepuasnya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. JR Pass hanya dapat dipakai oleh turis yang melakukan kunjungan sementara saja di Jepang dan hanya dapat dibeli di luar negara Jepang. Klo di Surabaya bisa beli di HIS Travel Papaya Darmo J untuk 7 hari harganya adalah 29.110 yen untuk non reserved train (biasanya di gerbong-gerbong depan dan butuh sedikit effort untuk jalan kesana hehehe..). Masa aktif berlakunya JR Pass dihitung sejak tanggal pertama pemakaian.

Estimasi perjalanan Tokyo – Osaka dengan Shinkansen kurang lebih 2.5 jam dan turun di Shin-Osaka station, sedangkan Osaka – Kyoto hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dengan Shinkansen. Oleh karena itu, saya memutuskan mencari hotel menginap di Tokyo dan Osaka karena Kyoto bisa berangkat pagian kembali sore 🙂

Segini dulu ya kali ini, will discuss more about the hotel accommodation and our further journey in my upcoming part 😉 cuuu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s